Kamis, 03 Januari 2019

Renungan Harian GML : ROH KUDUS MENGINSPIRASI

Kamis, 3 Jan 2019

BACAAN
1Yoh 2:29-3:6– “Setiap orang yang  tetap berada dalam Yesus tidak berbuat dosa lagi”
Yoh 1:29-34 – “Lihatlah Anak Domba Allah”

RENUNGAN
1.Walaupun Yohanes tahu bahwa ia diutus untuk menjadi perintis bagi Mesias, tetapi ia tidak tahu sesungguhnya tentang Mesias itu. Tetapi Yohanes sadar dan tahu bahwa Tuhan memiliki rencana, dan ia menjadi bagian dari rencana itu. Segera ia tahu ke mana harus melangkah. Terkadang kita juga ingin tahu rencana Allah bagi kita dan ingin berbuat sesuai rencana-Nya. Terhadap rencana-Nya, Tuhan menghendaki agar kita percaya penuh dan mengandalkan Dia, dan berbuat apa yang kita tahu dengan bersedia dipimpin oleh Allah.

2.Mengandalkan Allah dan membiarkan Allah menyatakan rencana-Nya dalam diri kita berarti kita harus memiliki kepekaan terhadap kehendak Allah. Yohanes mengenali Yesus, karena ia begitu perhatian terhadap tanda-tanda Allah yang diberikan kepadanya, yaitu Roh Kudus yang menyatakan bahwa Yesus adalah Mesias. Kita tidak usah mengharapkan adanya penampakan atau tanda-tanda khusus, tetapi cukup memiliki sikap Yohanes yaitu keterbukaan terhadap Roh Kudus dan melihat kehendak Allah dalam kejadian-kejadian di sekitar kita. Sarana utama untuk bisa mendengarkan Allah adalah lewat doa. Maka duduk bersama Allah harus menjadi bagian rutinitas hidup kita.

3.Bagi Yohanes, menyadari bahwa Yesus adalah Mesias merupakan hal yang istimewa. Kebanyakan orang mengenal Yesus karena bertetangga atau bersama Dia ketika masih muda. Yohanes mengetahui bahwa Yesus adalah Mesias karena pernyataan Roh Kudus. Ia mewartakan-Nya kepada kalayak ramai. Yohanes tidak ragu terhadap inspirasi Roh Kudus dan segera menyatakan Yesus kepada para muridnya. Dalam kehidupan kita, Allah menghendaki agar kita melakukan yang tidak terduga. Untuk itu dibutuhkan kesiapan seperti Yohanes, yaitu  menerima rencana Allah yang tak terduga, bahkan ketika hal tersebut berlawanan dengan apa yang kita harapkan.

0 komentar:

Posting Komentar