Sabtu, 05 Januari 2019

Renungan Harian GML : TUHAN MENGETAHUI KITA SEPERTI ADA KITA

Sabtu, 5 Jan 19, St. Yoh Neumann

BACAAN
1Yoh 3:11-21 – “Kita sudah berpindah dari maut ke dalam hidup, karena kita mengasihi saudara kita”
Yoh 1:43-51 – “Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel”

RENUNGAN
1.Dalam Injil hari ini, Philipus berjumpa dengan Kristus dan memberitahukan-Nya kepada Natanael. Ketika Natanael bereaksi dengan acuh tak acuh, Philipus tidak menyerah. Phlipus mengalami bahwa Pribadi yang ia jumpai jauh lebih kuat daripada kata-kata, sehingga ia membawa Natanael untuk berjumpa dengan Yesus. Akan terjadi pada kita juga bila kita mencoba membawa orang lain kepada Kristus, kita akan mengalami rintangan yang sama: skeptis, tidak tertarik, banyak alasan, bahkan kita bisa dituduh kristenisasi. Tetapi apakah kita  menyerah begitu saja?

2.Natanael heran terhadap Yesus, karena Ia tahu persis siapa dirinya dan menghargai dirinya. Di sini kita lupa bahwa Yesus adalah Allah dan Sang Pencipta, dan ketika Ia memanggil seseorang, Ia tahu persis siapa yang Ia panggil. Panggilan Yesus bersifat personal, langsung menyentuh hati, memahami benar siapa diri kita menurut apa adanya. Ia tahu dan mencintai kita lebih baik daripada yang bisa dibuat oleh manusia. Bila panggilan Tuhan tersebut mengarah kepada seseorang, maka panggilan-Nya tidak bisa ditolak.

3.Tuhan berjanji kepada Natanael bahwa ia akan melihat “hal-hal yang lebih besar” di masa depan. Natanael akan melihat secara langsung mukjizat-mukjizat Tuhan dan akan melihat banyak pernyataan cinta Bapa kepada Yesus. Ketika kita memiliki relasi pribadi dan mendalam dengan Tuhan, kita juga akan melihat “hal-hal yang besar.” Selain itu kita juga perlu memiliki iman yang besar, kepercayaan total, dan kepekaan terhadap Roh Kudus, serta kesabaran. Apakah kita sudah pada jalur tersebut?

0 komentar:

Posting Komentar