Kamis, 21 Februari 2019

Renungan Harian GML : APAKAH KRISTUS MEMPERHITUNGKAN AKU?
Kamis, 21 Pebr 2019


BACAAN
Kej 9:1-13– “Pelangi-Ku akan Kutempatkan di awan sebagai tanda perjanjian antara Aku dan bumi”
Mrk 8:27-33* – “Engkaulah Mesias”

RENUNGAN
1.”Menurutmu, siapakah Aku ini?” Doa-doa kita harus mampu membawa kita untuk menanggapi pertanyaan Kristus tersebut. Pertanyaan tersebut merupakan test untuk perjalanan iman kita. Kita harus menanggapi pertanyaan tersebut dari perspektif ini: “Siapa Kristus bagiku?” Jawaban atas pertanyaan tersebut membutuhkan pengalaman berelasi dengan Kristus secara pribadi. Ketika relasi kita dengan Kristus intim dan mendalam, maka tanggapan kita akan terasa menyentuh kehidupan, bahkan orang lain pun  ikut merasakannya. Bila relasi kita dengan Kristus dangkal dan hampa, maka jawaban kita hanya akan mengulang-ulang apa yang diajarkan oleh para katekis. Tanpa makna.

2. Petrus menerima Yesus sebagai Mesias, tetapi bukan Mesias seperti dikehendaki Yesus. Petrus menginginkan Mesias seperti  yang ia mau, yaitu Mesias yang mampu menyelesaikan segala kesulitan dan membebaskan Israel dari penjajahan Romawi. Ia keracunan “ragi Herodes dan Parisi.”

3. Petrusku malang Petrusku sayang. Pada suatu saat ia menyatakan pikirannya tentang Bapa, tetapi pada kesempatan lain, ia menyatakan pikiran setan. Maka Petrus menjadi target pencobaan setan agar lepas dari Kristus. Penderitaan Kristus akan menjadi ikrar bahwa iman para rasul tidak pernah akan gagal: “Aku telah berdoa untuk engkau, supaya imanmu jangan gugur ... “ (Luk 22:32). Doa Yesus menghasilkan buah: Petrus lahir kembali pada hari Pentakosta. Ia menjadi rasul Gereja yang gagah perkasa.  Bagaimana dengan aku?

Yang tlah berlalu biarlah berlalu

1 komentar:

Hubungkan ke Facebook

Contact Us
Goa Maria Lawangsih
0852-9219-3234
Patihombo yogyakarta