Selasa, 26 Maret 2019

Renungan Harian GML : MENGAMPUNI DARI HATI YANG TERDALAM
Selasa, 26 Maret 2019

BACAAN
Mat 18:21-35 – “Bapa-Ku yang di surga akan berbuat terhadap kamu, apabila kamu masing-masing tidak mengampuni saudaramu dengan segenap hatimu”

RENUNGAN
1.Petrus bertanya kepada Yesus, berapa kali ia harus mengampuni saudaranya? Yesus memberikan jawaban pendek dengan mengatakan sebuah perumpamaan untuk meyakinkan bahwa jawaban-Nya dimengerti. Allah adalah raja, dan kita semua adalah hamba yang berhutang kepada raja dengan jumlah yang sangat besar. Kita semua berhutang kepada Allah. Ia menciptakan kita, memelihara dan memberi segala sesuatu yang baik, talenta maupun keutamaan. Kita berhutang kepada Allah, tetapi Allah tak berhutang apa pun kepada kita.

2.Seorang hamba tidak mampu membayar utangnya, ia berlutut dan minta kelonggaran waktu sehingga ia bisa mengembalikan utangnya. Raja itu tidak hanya menunda pembayaran hutang si hamba, tetapi ia menghapus semua hutangnya. Allah itu murah hati. Ketika kita berbalik dan mohon pengampunan, ia memberikan jauh lebih besar daripada yang kita harapkan. Kita diharapkan memiliki sikap seperti Allah ketika kita berhadapan dengan orang yang bersalah kepada kita. Allah tidak menghendaki kita dihukum karena dosa-dosa kita. Ia ingin mengampuni dosa-dosa kita betapa pun besarnya.

3.Sayangnya, setelah diampuni, hamba tersebut tidak mau mengampuni temannya yang berutang dengan sikap yang telah diterima dari raja. Bahkan ia memasukkan temannya  ke penjara sampai hutangnya dilunasi. Ia menyalahgunakan kebebasan yang baru saja diberikan kepadanya. Ketika kita disakiti oleh orang lain, kita benar-benar sakit dan biasanya menuntut keadilan atas dia. Sebelum kita mengadili orang lain, mestinya kita sadar bahwa kita sudah dibebaskan oleh Allah sehingga kita tidak perlu emosional bahkan balas dendam. Pengampunan dan kebebasan yang dari Allah sudah seharusnya membawa kita memiliki belas kasih yang sama dengan Allah. Bukankah begitu?

Yang tlah berlalu biarlah berlalu

0 komentar:

Posting Komentar

Hubungkan ke Facebook

Contact Us
Goa Maria Lawangsih
0852-9219-3234
Patihombo yogyakarta